Usai Infrastruktur, Menteri Basuki Fokus Sanitasi dan Kebencanaan

JawaPos.com – Penyediaan air bersih atau sanitasi serta penanganan bencana menjadi fokus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal itu dilakukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan sebelumnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembenahan pada sektor tersebut penting. Sebab, hal itu akan bisa menyempurnakan pembangunan yang sudah dilakukan.

“Bukan berarti ditinggal kan. Infrastruktur tetep jalan, tapi sekarang dibarengi SDM. Jadi untuk bisa memanfaatkan infra yang disediakan walau kurang itu tetap kita jalankan. Dilanjutkan pembangunan yang optimal harus didukung SDM yang kuat,” ujarnya di Komplek Widya Candra, Jakarta, Rabu (17/4).

“Sekarang yang sedang dirumuskan oleh Bappenas mengenai RJPMN pertama tentang air bersih walaupun konektivitas diprioritaskan, tapi sekarang ini adalah air bersih dan kebencanaan,” sambungnya.

Diakuinya, saat ini masih banyak proyek infrastruktur yang belum terselesaikan. Untuk itu, pembangunan yang telah dilakukan akan terus dilanjutkan diiringi dengan upaya penyediaan air bersih dan penanganan bencana.

“Perlu saya kira masih perlu dilanjutkan penyermpuraan. Kalau air bersih dan konektivitas, sanitasi dan kebencanaan,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi