Untungnya Milenial Bergaji Rp 4 juta Harus Cicil Rumah Dari Sekarang

JawaPos.com – Generasi Milenial selalu punya alasan untuk mengesampingkan pembelian rumah dan memilih untuk memenuhi gaya hidup dan keinginan konsumtif lainnya. Padahal usia yang dimiliki generasi milenial saat sangat menguntungkan dalam memulai cicilan properti.

Kaum milenial sering berkilah kalau mereka baru saja lulus kuliah, gaji kecil karena baru merintis karier, dan masih ingin menikmati masa muda dengan berlibur, nongkrong di cafe, dan lainnya.

Mengutip situs resmi rumah123.com, kaum milenial perlu membeli rumah pertama. Pasalnya, setelah menapaki karir yang bagus nantinya, nilai investasinya akan meningkat dan dapat dijual setelah menikah untuk kembali rumah yang lebih baik.

Faktanya, banyak keuntungan finansial jika pembelian rumah pertama dilakukan saat umur 20-an.

1. Cicilan akan lebih terjangkau karena kamu akan membeli rumah murah.

2. Akan mendapatkan suku bunga dan cicilan yang terjangkau karena kamu masih bisa mengambil jangka waktu lama, antara 15-20 tahun. Jika menundanya hingga 30-an atau 40-an, akan kesulitan untuk mendapatkan semua ini.

Perhitungannya, saat baru saja bekerja dengan gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta. Untuk fresh graduate dengan tingkat pendidikan sarjana, masih bisa mendapatkan gaji seperti ini.

Apalagi, yang masih tinggal dengan orang tua, bisa menyisihkan minimal 30 persen dari gaji, malah bisa sampai 50-60 persen dari pendapatan untuk tabungan uang muka dan kemudian cicilan.

Tak perlu mencari rumah impian, beli saja dulu properti dengan harga terjangkau. Rumah atau apartemen itu terserah. Lantaran dana kamu terbatas, biasanya kamu hanya bisa membeli rumah tipe 36 atau apartemen tipe studio.

Setelah itu, kamu jual saja properti ini jika kamu sudah menikah dan punya anak, pastinya kamu membutuhkan hunian lebih besar. Jual saja properti ini untuk dijadikan uang muka.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Romys Binekasri