Trik Cerdas Investasi Properti Buat Pemula

JawaPos.com – Sebagai investor properti, Anda pasti ingin mendapatkan keuntungan dari sewa properti. Misalnya apartemen, ruko, atau kios. Mengutip rumah123.com, ada beberapa tips bagi investor pemula agar cepat memperoleh penyewa.

Jika berinvestasi di apertemen, maka disaraankan memilih apartemen tipe studio. Pasalnya, dalam berinvestasi properti, semua jenis tipe properti mempunyai pangsa pasar penyewa. Namun, yang terpenting adalah demand generator.

“Tipe menarik, bukan tipe, tapi demand generator. Bukan soal menengah ke atas, tapi demand generator,” ujar Senior Associate Director Capital Markets & Investment Services Colliers Indonesia, Aldi Garibaldi.

Jika ada pilihan lokasi, investasi apartemen di kawasan CBD (Central Business District) lebih menarik dibandingkan dengan di sub urban karena ada demand generator.

Aldi menjelaskan, demand generator dalam hal ini adalah potensi besarnya permintaan hunian di suatu kawasan. Berinvestasi properti dalam bentuk apartemen, sebaiknya melihat peluang besar yang dapat diambil dengan mencermati kebutuhan pengguna di kawasan tersebut.

Kawasan bisnis, area industri, dan juga pusat pendidikan menjadi wilayah yang menarik untuk berinvestasi properti. Ada permintaan hunian sewa baik itu rumah, apartemen, dan lainnya.

“Ada developer yang bikin apartemen dekat universitas karena ada demand generator,” papar Aldi lebih lanjut.

Kawasan bisnis ada pangsa pasar pekerja profesional. Area industri memiliki pangsa pasar pekerja buruh dan juga pekerja profesional. Sementara pusat pendidikan mempunyai pangsa pasar mahasiswa.

Sehingga, sebelum membeli properti yang kemudian disewakan, lihat dulu mengenai demand generatornya. Siapa juga yang akan menjadi pangsa pasar.

Kalau pasarnya memang ada, hunian tak akan kosong. Justru para penyewa akan berebut untuk menempati properti.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Romys Binekasri