Tips Jual Rumah: Jangan Blak-Blakan Ungkap Kenapa Rumahmu Dijual Ya!

JawaPos.com – Seorang yang menjual rumah tentu memiliki keputusan yang matang dengan berbagai alasan. Saat ingin menjual rumah, biasanya pembeli akan bertanya alasan kenapa rumah tersebut dijual.

Mengutip situs resmi rumah123.com, pertanyaan tersebut mungkin hanya pertanyaan lugu. Namun, jika tidak berhati-hati bisa jadi bumerang lho.

Jika kamu merupakan penjual rumah, ini bisa jadi salah satu pertanyaan yang sulit untuk dijawab.Situs Realtor.com memberikan alasan yaitu saat penjual memberikan terlalu banyak penjelasan yang mengungkapkan segala hal tentang rumah, ternyata bisa membuat pembeli memiliki informasi banyak.

Tips Jual Rumah: Jangan Blak-Blakan Ungkap Kenapa Rumahmu Dijual Ya!Ilustrasi pembangunan rumah (Dok. JawaPos.com)

Dari informasi tersebut, Pembeli bisa menggunakan semua informasi ini sebagai argumen untuk bernegosiasi.

“Pembeli rumah mencari setiap indikasi kalau penjual akan menerima tawaran di bawah harga pasaran,” ujar agen properti Greg Beckman seperti dikutip oleh Realtor.

Bahkan, jika secara sengaja maupun tidak mengatakan hal yang salah kepada pembeli, maka pembeli melakukan penawaran harga rumah yang paling rendah.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Beckman memberikan rekomendasi kepada penjual agar menyerahkan hal ini kepada agen properti. Biarkan broker yang berkomunikasi kepada pembeli.

Menurutnya, penjual tidak seharusnya menunjukkan rumah. Beckman meyakinkan agar agen properti yang melakukan hal ini. Namun, ada waktunya penjual masih berinteraksi dengan pembeli.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Romys Binekasri