Tiga Hari Libur Nataru, 248.864 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

JawaPos.com – Kepadatan kendaraan yang meninggalkan Jakarta masih mewarnai hari ketiga periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Kepadatan terekam di tiga titik utama jalan tol trans-Jawa. Yakni gerbang tol (GT) Cikarang Utama di jalan tol Jakarta-Cikampek, GT Kalikangkung di ruas tol Batang-Semarang, serta GT Warugunung di jalan tol Surabaya-Mojokerto.

Berdasar rekaman PT Jasa Marga pada GT Cikarang Utama di jalan tol Jakarta-Cikampek, pada Minggu (23/12) terpantau terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 44 persen. Jumlah kendaraan mencapai 76.824 unit. Sedangkan lalu lintas harian normal adalah 53.220 kendaraan.

Dari data tersebut, distribusi lalu lintas dari GT Cikarang Utama ke jalur utara (via GT Palimanan dan GT Cikampek) adalah 55,2 persen. Sedangkan kendaraan yang menuju jalur selatan menuju Purwakarta, Bandung, dan sekitarnya via GT Sadang dan GT Cileunyi adalah 44,8 persen.

libur nataru, libur natal, tol cikampek,Kepadatan kendaraan di Trans-Jawa (R Bagus Rahadi/Radar Madiun/Jawa Pos Group)

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan, total kepadatan volume lalu lintas selama tiga hari pertama periode libur Nataru sejak 21 hingga 23 Desember 2018 adalah 248.864 kendaraan. Terekam melintasi GT Cikarang Utama.

“Kepadatannya meningkat 45,73 persen dari lalu lintas harian normal, yakni sebesar 170.768 kendaraan,” katanya kemarin (24/12).

Sementara itu, pada H-1 Natal kemarin, Jasa Marga memprediksi paling tidak 59.362 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama.

Euforia tersambungnya tol trans-Jawa masih terus terjadi. Hingga H-2 Hari Raya Natal 2018, total 96.430 kendaraan telah melintasi GT Kalikangkung di ruas jalan tol Batang-Semarang menuju ke arah timur dan selatan.

“Masyarakat antusias menjajal perjalanan darat untuk menikmati libur akhir tahun. Baik untuk perjalanan silaturahmi maupun mengunjungi beberapa destinasi wisata dan kuliner,” katanya.

Jasa Marga mencatat, total lalu lintas selama tiga hari pada 21 hingga 23 Desember 2018 di wilayah Jawa Tengah, setidaknya 96.430 kendaraan melintas di GT Kalikangkung di jalan tol Batang-Semarang menuju arah timur. 

Editor      : Ilham Safutra
Reporter : (tau/c9/ali)