Ternyata Ada Loh Rumah dengan Cicilan KPR Flat Sampai Lunas

JawaPos.com – Kondisi perekonomian global yang belum pulih mendorong Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan. Selama tujuh bulan terakhir, setidaknya BI telah mengerek BI 7-Day Repo Rate sebesar 150 basis poin menjadi 5,75 persen. Hal ini tentu berimbas terhadap sektor properti. Bunga Kredit Pemilikam Rumah (KPR) akan semakin tinggi. Namun, banyak cara untuk mensiasati redup sektor properti.

Salah satunya, yang dilakukan oleh Casavera Dramaga Residence. Proyek ini menawarkan cicilan KPR flat dari tahun ketiga sampai lunas. Adapun, pada tahun pertama dan kedua pembeli mendapatkan bunga promo. Namun, harga itu hanya berlaku jika menggunakan KPR Syariah.

Proyek yang diklaim berjarak dekat dengan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) itu, memiliki tiga tipe diantaranya rumah subsidi tipe 28/60, tipe 36/72, tipe 45/72 dan tipe 45/90.

Sales Marketing Casavera, Ariyanti mengatakan untuk tipe 36 dan 45 tidak perlu biaya uang muka, cukup biaya booking saja seharga Rp2 juta. Sedangkan untuk tipe subsidi, dengan harga jual Rp158 juta, pembeli hanya akan dapat KPR Rp141 juta, sehingga diperlukan biaya uang muka sebesar Rp13 juta.

“Kalau subsidi turun KPR-nya hanya Rp141 juta sehingga pembeli harus membayar DP,” kata Ari saat berbincang dengan JawaPos.com.

Sementara untuk tipe 36 dan 45 adalah rumah komersial. Ari menerangkan jika menggunakan KPR syariah pembeli bisa membayar cicilan flat sampai lunas. Selain itu, untuk tahun pertama dan kedua pihak bank juga akan memberikan bunga promo.

Ia memberi ilustrasi, untuk rumah seharga Rp279 juta. Pembeli perlu membayar booking fee Rp2 juta. Jika mau mengambil angsuran 20 tahun, pada tahun pertama pembeli mencicil Rp1.951.578 per bulan. Dan pada tahun kedua cicilannya naik Rp2.275.015 per bulan. Kemudian pada tahun ketiga sampai lunas pembeli akan mencicil Rp3.120.200.

Untuk angsuran 15 tahun, pada tahun pertama pembeli membayar cicilan Rp2.289.319 per bulan. Lalu pada tahun kedua Rp2.590.274 per bulan dan pada tahun ketiga sampai lunas pembeli akan mencicil Rp3.411.016 per bulan sampai lunas. Namun, perlu diketahui cicilan itu hanya berlaku jika mencicil di KPR BTN Syariah.

Kenapa Bank Syariah Bisa Tawarkan Bunga Flat Sampai Lunas? Pengamat Ekonomi Syariah Adityawarman A Karim mengatakan kalau skema yang dipakai murabahah memang harus tetap cicilannya. Dalam prinsip syariah, murabahah adalah perjanjian jual-beli antara bank dengan nasabah.

Bank syariah membeli barang yang diperlukan nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara bank syariah dan nasabah.

“Kalau akadnya murabahah memang harus tetap cicilannya. Biasanya jangka pendek tiga sampai lima tahun,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Senin (5/11).

Sementara itu, ada juga musyarakah mutanaqishah, yakni bentuk akad kerjasama dua pihak atau lebih dalam kepemilikan suatu aset, yang mana ketika akad ini telah berlangsung aset salah satu kongsi dari keduanya akan berpindah ke tangan kongsi yang satunya, dengan perpindahan dilakukan melalui mekanisme pembayaran secara bertahap.

Dengan kata lain, si pembeli menyewa aset milik developer. Dengan membayar cicilannya secara flat dan bertahap, maka di pembeli akan memiliki asetnya saat cicilanny lunas.

Editor      : Mohamad Nur Asikin
Reporter : (uji/JPC)