Tawar Menawar Rumah Impian Sesuai Kantong, 4 Trik Ini Patut Dicoba

JawaPos.com – Semua orang pasti ingin membeli rumah impian. Namun, dalam mendapatkan rumah impian pun pastinya ingin sesuai budget. Tawar menawar menjadi hal yang wajar saat membeli segala sesuatu, termasuk rumah.

1. Pilih pasar dimana banyak rumah yang dijual namun minim pembeli. Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk penawaran harga serendah mungkin.

2. Cari tau, sudah berapa lama rumah tersebut dipasarkan, apakah baru sebulan, setahun, atau lebih. Jika rumah sudah lama dipasarkan, katakanlah hampir setahun, kamu bisa bernegosiasi meminta pengurangan harga. Bisa jadi penjual akan melepaskannya.

3. Bandingkan harga rumah yang kamu inginkan dengan harga rumah lain di kawasan yang sama. Coba cari tahu rumah lainnya yang sedang dipasarkan di daerah sekitar. Perhatikan juga posisi jalan, fasilitas, jumlah lantai, luas rumah, dan lainnya saat membandingkan harga rumah-rumah tersebut.

4. Seberapa besar keinginan untuk membeli rumah tersebut. Kalau sudah jatuh cinta dengan rumah tersebut, mungkin kamu tetap akan menawar rumah tersebut. Namun, pastikan kamu menawarnya dengan harga yang masih masuk akal. Jangan sampai penjual tidak menerimanya lantaran harga terlalu rendah.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Romys Binekasri