Tahun Ini SMF Luncurkan KPR Pasca Bencana

JawaPos.com – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) tahun ini akan meluncurkan program Kredit Pemilikan Rakyat (KPR) pasca bencana. SMF berkerjasama dengan Perbankan menyalurkan pembiayaan renovasi rumah masyarakat terdampak bencana.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo menjelaskan, program KPR SMF Pasca Bencana adalah program yang ditujukan Perseroan untuk membantu meringankan beban Pemerintah melakukan merevitalisasi pemukiman masyarakat pasca bencana alam di Indonesia. 

“SMF akan bekerjasama dengan Bank NTB Syariah sebagai lembaga penyalur pembiayaan KPR pasca bencana,” ujarnya di Restoran Seribu Rasa Jakarta, Senin (21/1).

Untuk tahap awal, Ananta menuturkan, program itu diperuntukkan bagi 3000 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkena dampak bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Dalam upaya memperkuat perannya sebagai Special Mission Vehicle (SMV) dan fiscal tools Pemerintah, lanjutnya, SMF juga memiliki Program Penurunan Beban Fiskal yang direalisasikan melalui pemberian dukungan kepada Pemerintah dalam program KPR FLPP.

SMF berperan dalam mengurangi beban fiskal Pemerintah dengan membiayai porsi 25 persen pendanaan KPR FLPP, sehingga Pemerintah hanya menyediakan 75 persen dari total pendanaan FLPP dari semula yang sebesar 90 persen.

 “Dengan adanya dukungan SMF, jumlah rumah yang akan dibiayai meningkat dari semula 60.000 unit menjadi 72.000,” tandasnya.

Ananta berharap, hal itu dapat memberikan dampak positif. Semakin banyak Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memperoleh fasilitas KPR FLPP disamping adanya penyerapan tenaga kerja dari pembangunan rumah yang berujung pada terciptanya multiplier effect.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Romys Binekasri