Suku Bunga Tinggi, Hunian Berkonsep TOD Diperkirakan Tetap Laris

JawaPos.com – Ekonom INDEF Bhima Yudhistira optimis hunian berkonsep transit-oriented development (TOD) akan tetap laris meski saat ini telah memasuki era suku bunga tinggi. Pasalnya, hunian tersebut menawarkan berbagai kemudahan. Diantaranya karena terinteregasi dengan stasiun LRT, MRT, dan Commuter Line.

“Konsep TOD bisa menjadi jawaban karena lokasinya yang strategis di sekitar stasiun atau transport publik cocok untuk kelas pekerja,” ujarnya kepada JawaPos.com, Sabtu (15/12).

Citra Maja Raya, proyek garapan PT Ciputra Residence, merupakan salah satu hunian berskala kota yang dibangun dengan konsep TOD di lahan seluas 2.600 hektar.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2015, Citra Maja Raya kini telah menjual dan membangun sebanyak 14.000 unit hunian dengan sebanyak 7.000 unit dari total keseluruhan telah diserahterimakan. Adapun, harga hunian yang ditawarkan Citra Maja Raya relatif terjangkau mulai dari Rp 119 juta hingga Rp 500 juta per unit.

Meski sudah memasuki era suku bunga tinggi, yakni sebesar 6 persen dan berpotensi meningkat, Bhima menilai sektor tersebut masih akan tetap menarik. Sebab, kemudahan akses terhadap transportasi memberi nilai jual lebih.

“Harga tanah relatif terjangkau dengan sistem subsidi yang di provide oleh KAI misalnya. Meskipun bunga naik, tapi hunian TOD tetap laris,” pungkasnya.

Editor      : Teguh Jiwa Brata
Reporter : (hap/JPC)