Rampung April 2019, Begini Perkembangan Tol Pertama di Kalimantan

JawaPos.com – Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terus dikebut pembangunannya. Sebab, tol yang jadi cikal bakal Tol Trans Kalimantan ini harus bisa beroperasi pada April 2019 mendatang. Sejauh mana perkembangannya?

Kepala Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Refly Ruddy Tangkere mengatakan, pembangunan tol pertama di Kalimantan ini dibagi ke dalam lima seksi.

Untuk seksi I, dibangunnya sepanjang 21,9 kilometer (km). Penyelesaiannya sudah mencapai 95,62 persen dan diperkirakan rampung pada akhir Maret 2019.

“Untuk seksi II saat ini sudah 80 persen penyelesaiannya dan diperkirakan rampung di akhir Januari 2019,” ujarnya saat meninjau Tol  Balikpapan-Samarinda di Balikpapan, Jumat (14/12) kemarin.

Kemudian di seksi III sepanjang 21,9 km, realisasi penyelesaian mencapai 91,6 persen. Seksi ini diproyeksikan selesai pada Januari 2019. Selanjutnya untuk seksi IV sepanjang 17,8 km, penyelesaiannya sudah mencapai 67 persen. 

“Terakhir untuk seksi V sepanjang 9,34 km yang pembangunannya menggunakan sumber dana pinjaman Tiongkok, diperkirakan akan selesai di Maret 2019,” jelas Susi. 

“Ada satu seksi lagi ada di dalam seksi V, seksi Va sepanjang 1,56 km. Baru penetapan dari pak menteri PUPR dan diperkirakan akan kontrak dalam paling lambat tanggal 20.
Ini juga harus selesai di bulan April,” tandasnya.

Editor      : Saugi Riyandi
Reporter : (hap/JPC)