Melbourne Menjadi Destinasi Nomor 1 untuk Berinvestasi di 2019

JawaPos.com – Dalam wilayah Asia Pasifik, Melbourne menempati peringkat pertama sebagai kota terbaik untuk berinvestasi dan kota terbaik dalam segi pembangunannya menurut data PwC dan Urban Institute Land. Predikat ini disandang Melbourne untuk periode tahun 2019 ini. Hal ini membuat proyek Apartemen yang dibangun developer asal Melbourne, Brady Group semakin dibanjiri para peminat Indonesia.

Melbourne Menjadi Destinasi Nomor 1 untuk Berinvestasi di 2019City investment project 2019 (Dok. Brady Property)

Negara bagian Victoria yang termasuk kota Melbourne diyakini memiliki pertumbuhan ekonomi yang kuat dibanding Negara bagian lainnya dan telah menjadi faktor utama yang memperkuat kondisi ekonomi Australia. Bahkan, Australian Bureau of Statistics menyatakan bahwa Victoria memiliki nilai pertumbuhan ekonomi lebih tinggi (5,2 persen) dibandingkan dengan nilai pertumbuhan ekonomi di Negara Australia itu sendiri (3,5 persen). Dengan pertumbuhan penduduk yang paling tinggi di Australia, Melbourne memiliki vacancy rate yang paling rendah dibanding kota besar lainnya seperti Sydney, sehingga setiap properti akan lebih terjamin dan lebih cepat untuk disewakan. Selain itu, tingginya angka pertumbuhan penduduk yang bermigrasi ke Melbourne juga akan meningkatkan jumlah permintaan hunian tempat tinggal. Hal ini akan menjadi peluang besar bagi investor pada sektor properti.

Dilansir dari situs news.com.au, Melbourne termasuk ke dalam kota terfavorit bagi investor di seluruh dunia dikarenakan tingginya return on investment dan dikategorikan sebagai tempat paling aman untuk berinvestasi. Stok properti yang tersedia saat ini juga sangat membantu memperkuat harga dalam persaingan pasar properti karena tingkat kekosongan properti rendah dan permintaan untuk sewa tempat tinggal terus naik dan berkembang. Para ahli mengatakan beberapa faktor yang membuat kota Melbourne dianggap menjadi destinasi terfavorit dalam hal berinvestasi antara lain: rendahnya suku bunga bank dan banyaknya stok aset properti yang memenuhi standar investor di seluruh dunia.

Sejak 1999 Brady Group telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta untuk melayani investor di seluruh Indonesia. Tak heran jika Melbourne menjadi kota yang digemari masyarakat Indonesia dalam berinvestasi selain Singapura. Selain memiliki harga properti yang jauh lebih terjangkau dari Sydney dan Singapura, Melbourne diyakini akan memiliki pasar properti yang dapat bersaing dengan harga properti yang akan terus meningkat setiap tahunnya terutama untuk properti baru atau properti yang sedang dalam konstruksi karena memiliki desain modern, fasilitas lengkap dan kualitas terkini yang ditawarkan oleh para pengembang Melbourne untuk proyek terbarunya. Pembelian properti merupakan investasi jangka panjang, maka sangat disarankan untuk membeli properti terbaru untuk dapat memaksimalkan keuntungan dari kenaikan harga properti.

Warga Negara asing yang ingin membeli properti di Australia diwajibkan untuk membeli properti baru atau properti yang sedang atau akan dalam konstruksi. Dengan begitu, pelayanan developer yang memiliki kantor perwakilan di Jakarta dianggap sangatlah penting bagi investor Indonesia. Dengan berstatus kewarganegaraan asing di Australia, investor Indonesia tak khawatir dengan status kepemilikan properti yang mereka dapatkan. Lantaran status hak milik selamanya (freehold) akan diberikan kepada mereka yang membeli properti di Melbourne. Sistem pembayaran awal hanya diperlukan 10% yang dibayarkan ke Trust Account yang dapat dipastikan aman karena diawasi pemerintah Australia, bukan pembayaran langsung ke developer seperti investasi properti lokal di Indonesia.

Berlabel sebagai kota terbaik untuk berinvestasi saja tak cukup untuk menjadikan seluruh proyek di kota Melbourne saat ini tergolong bagus dan patut untuk dibeli. Tentunya, pembeli masih diharuskan untuk memperhatikan lokasi dan reputasi pengembang properti yang akan mereka beli. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Brady Group telah dipercaya oleh investor Indonesia atas kualitas proyek proyek terdahulunya. Tak heran jika Brady Group dapat meraih penghargaan dari Master Builder sebagai “Excellence in High Rise Apartment Building” untuk proyek terdahulunya bernama Vision Apartments serta banyaknya pembeli setia yang berinvestasi berulang kali di proyeknya.

Melbourne Menjadi Destinasi Nomor 1 untuk Berinvestasi di 2019Proyek Brady Property (Dok. Brady Property)

Proyek Brady Group yang sedang dalam tahap pembangunan saat ini yakni Apartemen 380 Melbourne disebut sebut memiliki fasilitas lengkap dengan interior dan eksterior mewah. Selain itu, lokasi Apartemen 380 Melbourne juga menjanjikan nilai sewa yang sangat menguntungkan karena dekat dengan kampus kampus ternama seperti University of Melbourne, RMIT Uni, Monash Uni, William Angliss, Victoria Uni dan pusat perbelanjaan seperti Melbourne Central, Emporium Mall , China Town dan Queen Victoria Market. Terletak di 380 Lonsdale Street, proyek 380 Melbourne akan menghubungkan Lonsdale dan Little Lonsdale Street dengan laneway baru yang dibuat Brady Group agar mempermudah akses penghuninya.

Editor           : Saugi Riyandi