Jual Rumah Belum Juga Laku, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JawaPos.com – Keputusan menjual rumah disebabkan berbagai faktor. Kebutuhan untuk membeli rumah yangd ekat dengan kawasan pekerjaan, berinvestasi properti dengan menjual hunian, atau memang ingin up grade rumah di kawasan yang lebih menarik.

Mengutip situs resmi rumah123.com, rencana menjual rumah bisa saja gagal karena beberapa hal sepele ini.

1. Pilihan warna yang salah. 

Pilihlah warna yang netral untuk hunian. Pilihan warna seperti putih, biru muda, atau abu-abu muda. Yang pasti warna yang tidak mencolok.

2. Terlalu banyak benda dengan selera pribadi. 

Jika ingin menjual rumah, segera singkirkan segala hal berbau pribadi. Mungkin kamu suka dengan patung dari Bali, namun calon pembeli bisa jadi tidak suka. Kamu suka wallpaper tematik, tetapi pembeli mungkin lebih menyukai dinding yang dicat.

3. Bau tidak sedap. 

Buat kamu yang merupakan perokok atau memelihara hewan, kamu mesti mengetahui kalau bau rokok dan bau kotoran binatang ternyata susah hilang. Untuk menghilangkannya, kamu tidak bisa sekedar menyemprotkan pewangi ruangan. Bau rokok  dan bau kotoran masih akan melekat. Solusinya kamu bisa mengecat ulang dinding hingga mencuci karpet dan tirai.

4. Tidak fleksibel saat pembeli ingin melihat rumah. 

Pembeli rumah pastinya ingin melihat kondisi rumah dan lingkungan sekitar. Tetapi, kalau kamu kesulitan untuk meluangkan waktu, pembeli potensial bisa saja mengurungkan niat untuk membeli.

5. Area bermasalah yang disembunyikan. 

Jangan menyembunyikan masalah pondasi, dinding, atap dan lainnya. Sebelum menjual, kamu harus memastikan semua bagian rumah dalam kondisi baik. Jangan sampai pembeli mengetahui kekurangan rumah dan kemudian meminta pengurangan harga.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Romys Binekasri