Belum Rampung, Bisakah Trans Kalimantan Dipakai Fungsional Saat Natal?

JawaPos.com – Tol Balikpapan-Samarinda saat ini tengah dalam proses pengerjaan. Tol pertama di Kalimantan itu diproyeksikan beroperasi pada April 2019 mendatang. 

Menjelang libur natal dan tahun baru, kebutuhan akan akses jalan meningkat pesat. Namun, waktu tempuh antara Balikpapan menuju Samarinda melalui jalur normal memakan waktu 3,5 jam. Itu pun dengan arus lalu lintas normal. 

Melihat kondisi tersebut, bisakah Tol Balikpapan-Samarinda digunakan fungsional saat natal dan tahun baru?

“Kemarin memang saya ditanyakan apakah untuk mendukung Nataru apa bisa fungsional? Saat ini masih ada kendala di segmen V,” kata Kepala Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Refly Ruddy Tangkere, Jumat (14/12).

Selanjutnya, kendala itu juga terjadi pada KM 13 ruas Tol Balikpapan-Samarinda. Di titik tersebut, masih ada beberapa daerah rawa dan tanah yang menyulitkan pengaspalan.

“Sekarang makanya kita upayakan saat panas (pengerjaannya),” katanya.

Kendati demikian, saat ini ruas Tol Balikpapan-Samarinda dinilai belum dibutuhkan fungsional saat pelaksanaan libur natal dan tahun baru. Namun, pihaknya tetap siaga apabila sewaktu-waktu ruas tersebut dibutuhkan untuk fungsional.

“Untuk Balikpapan-Samarinda masih terbantu dengan jalan yang Ada. Jadi tidak perlu buru-buru untuk fungsional, tapi kita tetap siapkan kalau dibutuhkan,” pungkasnya.

Editor      : Saugi Riyandi
Reporter : (hap/JPC)