Klasemen Medali Hari Ini: Raih Tiga Emas, Indonesia Pertahankan Enam Besar

Jakarta: Tiga medali emas berhasil didapat Indonesia pada Asian Para Games 2018, Selasa 10 Oktober. Namun, tim Merah Putih masih harus puas bertahan di posisi keenam.

Indonesia mendapatkan medali emas pertama hari ini melalui atlet para tenis meja, David Jacobs. Medali tersebut didapat usai mengalahkan perwakilan Tiongkok Lian Hao di babak final tunggal putra TT10.

David tidak mudah meraih kemenangan tersebut. Ia harus melewati tiga game untuk menaklukkan Hao dengan skor 11-4, 7-11, 11-6.

Baca: David Jacobs: Penyandang Disabilitas Tidak Perlu Malu!

Medali emas turut dipersembahkan atlet para boling Indonesia Elsa Maris. Pada pertandingan final, ia sukses mengumpulkan 1.186 poin.

Jumlah poinnya mampu mengalahkan lawan-lawan tangguh seperti Diane Neo Pei Lin (Singapura) dan Kim Yuna Korea Selatan. Diane menjadi peraih medali perak, sedangkan Kim Yuna meraih medali perunggu.

Sapto Yogo Purnomo menjadi atlet disabilitas Indonesia mempersembahkan medali emas untuk Tanah Air pada hari ini. Ia sukses memenangkan pertandingan final nomor 100 meter putra T37 dengan catatan waktu 11,49 detik.

Kemenangan membanggakan buat Sapto. Sebab, catatan waktunya berhasil memecahkan rekor Asia milik Lin Yongbin. Ia sebelumnya mencatatkan waktu 11,51 detik di Paralimpiade 2012.

Baca: Pelatih Beberkan Kunci Sukses Elsa Maris Persembahkan Emas

Selain itu, medali emas ini merupakan torehan kedua Sapto di Asian Para Games 2018. Sebelumnya, ia juga sukses meraih medali emas di nomor 200 meter putra T37 pada Senin 8 Oktober.

Pencapaian ketiga atlet tersebut membuat Indonesia sudah mengoleksi delapan medali emas. Namun, mereka harus puas berkutat di posisi keenam. Sebab, perolehan Indonesia makin jauh dari Iran yang sudah mengoleksi 17 medali emas di peringkat kelima.

Adapun posisi pertama masih dikuasai oleh Tiongkok. Mereka sudah mengoleksi 78 medali emas. Perolehan medali emas mereka unggul 54 medali emas dari Korea Selatan yang berada di peringkat kedua.

Video: Syuci Indriani Rebut Emas Para Renang

(PAT)